Berita Masa Belajar di Rumah Siswa Boyolali Diperpanjang Sepekan



Posted on: 26 Mar 2020 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali memperpanjang masa belajar di rumah bagi pelajar. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Disdikbud Kabupaten Boyolali Nomor 420/3350/4.1/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Perkembangan Situasi dan Kondisi Terhadap Pencegahan Perkembangan dan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Disdikbud Kabupaten Boyolali.

Surat Edaran tersebut berpedoman pada Surat Edaran Bupati Boyolali tentang Pencegahan Perkembangan dan Penyebaran Virus Corona, Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penganganan Penyebaran Virus Corona, dan Surat Edaran Mendikbud tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona.

“Untuk masa belajar di rumah, sementara saya perpanjang satu minggu sampai (Sabtu) tanggal 4 April [2020]. Kemudian, nanti setiap minggu akan kita adakan evaluasi untuk menentukan kebijakan kebijakan berikutnya,” ungkap Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto saat dihubungi via telepon selular pada Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di Kabupaten Boyolali telah menjalani belajar di rumah mulai Jumat (20/3/2020) hingga Sabtu (28/3/2020).

Sementara itu, Pelaksanaan Tahapan Ujian Nasional (UN) dihentikan dan penyelenggaraan UN Tahun 2020 dibatalkan.

“Kemudian yang terkait Ujian Nasional, ini sudah dihapus oleh Menteri (Mendikbud RI). Sehingga tahapan pelaksanaan Ujian Nasional semua dihentikan, distop,” terang Darmanto.

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Kesetaraan akan diatur tersendiri.

Dijelaskan kemudian, untuk pelaksanaan Ujian Sekolah, diserahkan kepada masing masing satuan pendidikan dengan berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020.

“Ujian Sekolah di SD maupun di SMP sesuai dengan marwah (kebijakan), saya serahkan sepenuhnya kepada kepala sekolah di satuan pendidikan masing masing untuk bisa dilaksanakan. Apabila ada hal hal yang perlu didiskusikan dikonsultasikan dengan kami di jajaran di Disdikbud Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

Adanya kebijakan untuk memperpanjang masa belajar di rumah, pihaknya berharap agar tugas belajar para siswa dapat selalu berjalan. Selain itu, dapat untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona melalui Physical Distancing atau menjaga jarak yang gencar disuarakan oleh pemerintah. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları