Berita TLAWONG INTENS GALI POTENSI DESA



Posted on: 06 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Desa Tlawong, Kecamatan Sawit terus menggali potensi desa untuk menambah pendapatan desa. Beberapa potensi yang ada di Tlawong saat ini yaitu pertanian, wisata Sungai Gandul, serta kepemilikan lahan desa strategis di bekas SMA Sudirman.

Kepala Desa Tlawong, Joko Tri Wijiyanto mengungkapkan, banyak potensi desa yang mungkin digali untuk memberikan tambahan pendapatan bagi desa. Namun saat ini Pemerintah Desa tengah berkonsentrasi untuk menggarap tiga potensi untuk dikembangkan sebagai usaha. 

"Di bidang pertanian ada penghasil padi dan jagung manis dan gedung sentra agro pertanian. Mayoritas warga yang berprofesi sebagai petani juga merupakan potensi tersendiri di bidang ini. Selain itu ke depan kami menggagas wisata tani dengan mendirikan rumah tani," ujarnya, Selasa (6/03).

Di sisi lain, Tri juga menjelaskan potensi wisata yang bisa dimunculkan dari Sungai Gandul. Sekarang ini, banyak titik- titik yang mampu dimanfaatkan di sungai tersebut mulai dari daerah terowongan Dukuh Kajen hingga selatan Dukuh Tlawong.

"Namun sementara yang bisa dijadikan embrio wisata di Sungai Gandul adalah bagian selatan Dukuh Kajen. Dan kami sudah mendirikan Bumdes yang direncanakam akam menggarap program-program desa. Termasuk potensi pertanian melalui produk beras Tanuraga yang saat ini sudah beredar di masyarakat," imbuhnya.

Tri berharap melalui program-program tersebut bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Melalui Bumdes ini juga diharapkan mampu menjadi oenguat ekonomi desa agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat, serta mengurangi pengangguran. Masih ada potensi lain yang bisa digali seperti wisata religi, situs Tulawang dan Makam Eyang Tanuraga," tukasnya. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız