Berita Kereta Bandara Siap Beroperasi Desember 2018



Posted on: 02 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Kereta Bandara yang menghubungkan antara Bandara Adi Soemarmo dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta ditargetkan mulai beroperasi Bulan Desember 2018. Saat ini, pembangunam fasilitas stasiun terkait di Bandara Adi Soemarmo telah selesai 46 persen.

Menurut General Manager Bandara Adi Soemarmo, Andullah Usman, pembangunan jalur kereta bandara di lapangan udara yang terletak di wilayah Kabupaten Boyolali tersebut diperkirakan rampung Bulan September 2018. Kemudian hingga Bulan Desember 2018 dipergunakan untik persiapan operasional layanan kereta Bandara.

"Rencananya nanti stasiun yang ada di Bandara Adi Soemarmo akan dibangun dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk jalur kereta api. Sedangkan lantai dua akan terkoneksi dengan terminal baru Bandara Adi Soemarmo, jadi nantinya untuk koneksi ini akan semakin memudahkan penumpang yang dari Yogyakarta bisa langsung masuk bandara," urainya, Senin (2/4)

Sementara itu terkait dengan rencana penyediaan armada kereta api (KA) untuk kereta Bandara, Usman mengatakan akan ada empat armada yang dioperasikan. Empat armada KA tersebut akan melayani tujuh kali perjalanan pulang pergi (PP) Bandara Adi Soemarmo- Bandara Adi Sucipto.

"Kalau untuk kapasitasnya setiap hari diperkirakan ada 250 penumpang yang bisa tertampung. Seperti diketahui, proyek ini dijalankan untuk menjadi pemecah masalah kapasitas yang berlebih, baik secara trafik maupun penumpang di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Sehingga nantinya yang tidak kebagian slot di Bandara Jogja bisa pindah penerbangan melalui Bandara Adi Soemarmo menggunakan kereta api ini,” tegasnya.

Dengan demikian, Usman memperkirakan akan ada 40 penerbangan dari Jogja yang berpindah ke Bandara Adi Soemarmo.

"Selain itu memang ada penambahan rute penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo. Seperti yang baru-baru ini dibuka ada dua rute penerbangan. Untuk total eksisting ada 66 penerbangan dalam satu hari. Sebanyak 20 slot diantaranya adalah penerbangan ke Jakarta, yakni 17 kali ke Cengkareng dan tiga kali di bandara Halim Perdana Kusuma,” tukasnya. (awa) 

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız