Berita Perdana, Dokter RSPA Berhasil Lakukan Tranplantasi Tulang Rahang



Posted on: 18 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Berbagai inovasi dan pengembangan telah dilakukan rumah sakit kebanggaan warga Boyolali, Rumah Sakit Pandan Arang (RSPA). Kerjasama yang baik antardokter spesialis berhasil melakukan operasi tranplantasi tulang kepada pasiennya. Butuh kolaborasi dan kerjasama antardokter spesialis bedah mulut dan spesialis orthopedi dalam menangani kasus yang kali pertama dilakukan di RSPA kepada pasien atas namaFadly Wira Utama (10) asal Kota Salatiga ini.

Seperti disampaikan dokter yang menangani, dr. Dian Sekarsari, Sp.BM mengungkapkan bahwa paseinnya bermula dari bengkaknya rahang pasien yang dirujuk dari salah satu rumah sakit di Salatiga, dikarenakan tumbuhnya kista. Setelah menjalani diagnosa disimpulkan untuk dilakukan pengambilan kista dan merekonstruksi tulang rahang bekas kista tersebut.

“Bermula dari bengkak di tulang rahang, ada kista kalau tidak diambil tambah besar dan makan tulang rahang. Ketika diambil semua kistanya rahangnya bisa patah maka kita transplantasi pakai tulang kaki,” terang dokter Dian.

Sukses melakukan tranplantasi kali pertama pada 4 April lalu, kini pihaknya juga telah mempersiapkan untuk penanganan kasus yang sama dalam waktu dekat. Kasus kedua yang akan ditangani dalam dengan kondisi kista yang lebih besar dan lebih panjang.

Sementara dokter spesialis orthopedi, dr. Haryo Wicaksono, Sp. OT berharap tranplantasi ini bisa menyambung dengan tulang aslinya. Kolaborasi dilakukan dalam pengambilan kista di rahang bawah [mandibula] dilakukan oleh dr. Dian Sekarsari. Sedangkan dr. Haryo yang mengambil tulang betis [fibula] dipindah ke atas karena terjadi kekosongan akibat pengambilan kista.

“Harapannya ke depan nanti menyatu dengan tulang asli. Masalahnya tulangnya masih tumbuh mungkin nanti dilakukan operasi selanjutnya jika diperlukan karena stuktur rahangnya masih berubah. Setelah itu baru disesuaikan lagi. kalau menunggu dewasa nanti tulangnya keburu habis,” jelasnya.

Sementara itu Direktur RSUPA, Siti Nur Rokhmah Hidayati membenarkan bahwa tim dokternya telah memberi pelayanan yang pertma kali dilakukan di rumah sakitnya. Hal tersebut sesuai dengan komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

“Jadi kami saat ini sudah memiliki dokter orthopedi yang setiap hari standby. Kalau dulu hanya dokter tamu sekarang setiap hari kliknik orthopedi buka pelayanan setiap hari,” terang direktur yang akrab disapa Nur ini di ruang kerjanya.

Salah satu yang dilakukan kemarin menurut Nur Rokhmah yakni transplantasi tulang kaki (fibula) ke tulang mandibula karena ada tulang mandibula yang patah dan butuh direkonstruksi ulang. Untuk itu dilakukan tranplantasi dari tulang lain yang dibutuhkan untuk perbaikan tulang rahang.

Pelaksanaan operasi tersebut, lanjut Nur, menggunakan dana penuh dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Karena kami rumah sakit negeri, dan pasien menggunakan BPJS dan sesuai kelasnya jadi ya gratis penuh. Kita tetap memakai aturan dari BPJS, apapun dan berapapun besarnya kita gratiskan,” tandasnya. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız en iyi leke kremi markası chat odaları