Berita Pelaksanaan UNBK SMP di Boyolali Berjalan Lancar



Posted on: 23 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Jika beberapa waktu yang lalu diadakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tingkat SMA dan SMK, kini giliran Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) yang dimulai hari  Senin (23/4) hingga Kamis (26/4) mendatang. Menurut data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali siswa UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 ini berjumlah 14.918 siswa

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan UNBK di dua lokasi ujian yakni di SMP N 1 Boyolali dan SMP N 1 Teras ini mengatakan bahwa pelaksanaan UNBK di Kabupaten Boyolali berjalan lancar. Wabup Said berharap agar pelajar yang menempuh UNBK mampuu melaksanakan empat hari ujian dengan sebaik baiknya.

“Sehingga nantinya dapat melahirkan generasi – generasi yang jauh lebih hebat dan tangguh untuk menjadi generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Boyolali,” ujarnya di sela peninjauannya di  SMPN 1 Teras, pada Senin (23/4).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto juga mengaku pelaksaan UNBK tingkat SMP berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala. Pihaknya mengaku bahwa terjadi keterlambatan karena berkaitan dengan server yang offlinepada saat melakukan ujian.

“Dari laporan yang masuk, ada beberapa sekolah yang mengalami offline, tidak on time waktu UNBK. Ini secara Nasional, bukan hanya di Boyolali saja,” ungkap Darmanto.

Menurutnya, setelah menunggu beberapa saat, kendala yang terjadi dapat diatasi dan pelajar mampu melaksanakan ujian berlangsung lancar hingga sesi pertama berakhir. Pihaknya juga menjelaskan bahwa waktu yang diberikan karena keterlambatan server tersebut tidak berpengaruh pada sisa waktu yang diberikan kepada peserta ujian.

“Waktu untuk mengerjakan ujian, tetap sama. Hanya tidak bersamaan waktu selesai jika dibandingkan dengan yang on time. Karena kita tidak ingin merugikan siswa,” jelasnya kemudian.

Salah satu peserta UNBK tingkat SMP, Sekar Lisdayanti mengaku tidak menghadapi kesulitan saat mengerjakan soal ujian. Siswi SMP N 1 Boyolali ini mengatakan bahwa materi soal ujian yang dihadapi tidak jauh dari materi yang dia pelajari.

“Materi ujian hampir sama dengan apa yang saya pelajari, tinggal pemahaman saja. Semoga lancar sampai hari terakhir nanti,” ungkap siswi yang jago bersinden ini.

Sebagai informasi pelaksanaan UN SMP di Boyolali diikuti 52 SMP negeri, 40 SMP swasta dan 14 MTs negeri serta 34 MTs swasta.  Selanjutnya sesuai jadwal pelaksanaan UNBK untuk sesi pertama dimulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 09.30 WIB. Sesi kedua dari pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB. Kemudian sesi 3 dari pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız