Berita Boyolali Raih Predikat Kota Layak Anak



Posted on: 24 Jul 2018 Oleh Web Admin

SURABAYA - Setelah dievaluasi oleh tim gabungan lintas kementerian dan lembaga terkait serta sejumlah pakar, Kabupaten Boyolali dinyatakan meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2018. Penganugerahan ini diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Yembise dan diterima langsung Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Dyandra Convention Center Surabaya pada Senin (23/7) malam yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2018. Sebanyak 389 Kabupaten/Kota dinyatakan berkomitmen menjadi KLA. Sementara 176 daerah termasuk Boyolali berhasil meraih KLA dalam kategori Pratama.

Penghargaan ini diharapkan dapat memacu kepala daerah untuk meningkatkan perhatian dan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di wilayah masing-masing. Seperti disampaikan Yohana bahwa pemenuhan hak anak membutuhkan komitmen yang kuat. Hal tersebut menjadikan anak sebagai prioritas utama dalam tumbuh kembangnya.

"Anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal jika seluruh keluarga di Indonesia memahami dan mendukung pemenuhan hak anak dalam keluarga masing-masing," terangnya. 

Melalui program ini Yohana menargetkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030 mendatang. Sehingga ke depan anak memperoleh haknya dan meminimalisir pelanggaran hak asasi terhadap anak.

"Fakta menunjukkan anak sedemikian rentan menjadi korban pelanggaran hak asasi manusia. Ada bullying, KDRT, pekerja anak, materi siaran TV yang tidak layak konsumsi, kurangnya taman bermain anak dan perkawinan anak," imbuhnya.

Untuk itu pihaknya melakukan berbagai program diantaranya sosialisasi, edukasi hingga mempersiapkan fasiltas di daerah.

Sementara Wabup Said usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga Boyolali meraih anugerah ini. Meski demikian pihaknya berharap prestasi ini semakin ditingkatkan.

"Butuh peran serta seluruh elemen masyarakat secara keseluruhan di Boyolali serta OPD sehingga tahun akan datang terus membenahi langkah kita menuju penghargaan di atasnya yaitu tahapan tingkatan yang lebih tinggi," terangnya. (dst/epn).

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız