Berita Catatan Perjalanan Duta Seni Boyolali 2018 ke Negara Skandinavia : (24) Topeng Ireng, Tarian Andalan Duta Seni



Posted on: 04 Aug 2018 Oleh Web Admin

HORSENS – Jenis tarian yang satu ini merupakan salah satu tari rakyat kebanggaan masyarakat di lereng Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di wilayah Boyolali. Tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali 2018 selalu membawakan tari ini sebagai tarian pamungkas. Tarian bernama Topeng Ireng Gugur Gunung ini dibawakan seluruh pelajar Duta Seni sejumlah 18 orang dan dimainkan pada urutan paling akhir.

Tari rakyat yang menampilkan kerampakan dan kekompakan sebagai implementasi sikap gugur gunung. Bentuk gerak tari mengacu pada gerak sehari-hari dan kondisi alam Gunung Merapi. Memiliki gerakan sederhana dan mudah dilakukan menjadi bagian dari karakter masyakarat desa yang sederhana dan mudah berbaur dengan orang lain.

 

 

Kostum menggunakan topeng dengan bentuk yang sama merupakan wujud kesetaraan dalam wajah kehidupan masyarakat desa. Menggunakan kerincing atau lonceng kaki membuat suasana riuh dan meriah.

Topeng Ireng adalah singkatan dari Toto Lempeng Irama Kenceng yang terinspirasi dari hiruk pikuknya semangat para pejabat pemerintah bersama masyarakat dalam langkah mengembangkan daerah Boyolali dengan kegiatan pembangunan.

Salah satu penari Topeng Ireng, Aphrodhita Zahra Aninda ungkapkan rasa leganya usai menarikan tarian pamungkas ini bersama seluruh rekannya dalam kegiatan pentas Bazaar di Kota Horsens; Denmark pada Sabtu (4/8) siang.

“Senang karena ini pentas terakhir. Senangnya sudah selesai bisa lancar. Sukses. Sedihnya ya sudah mau pulang, tapi pengen segera pulang karena kangen makanan Indonesia dan kangen mama,” ungkap anak nomor dua dari tiga bersaudara pasangan Dermawan-Agustina Dewi yang beralamat di Dukuh Tegalsari; Desa/Kecamatan Musuk ini.

Disinggung mengenai hal apa yang Ia peroleh dalam perjalanan lawatan di tiga negara Skandinavia ini, Aphro mengatakan dapat pengalaman berharga yang sangat berguna.

“Disini bisa belajar mengendalikan emosi, sabar, menghargai waktu, menghargai makanan dan saling membantu. Yang terpenting bisa menambah pengalaman,” tegas siswi SMAN 1 Boyolali yang bercita-cita meneruskan kuliah jurusan kedokteran ini. (mjk)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız